Kemenhub Periksa Angkutan Lebaran Secara Menyeluruh


JAKARTA -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana transportasi umum di seluruh moda seperti bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat udara secara menyeluruh jelang mudik Lebaran 2016.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenhub Hemi Pamuraharjo mengatakan, tahun lalu pemeriksaan terhadap armada angkutan umum  dilakukan secara sampling atau acak di lokasi-lokasi tertentu.

"Namun dengan dilakukannya pemeriksaan secara menyeluruh diharapkan kondisi sarana transportasi benar-benar dalam kondisi laik jalan dan siap melayani para pemudik dengan selamat dan aman," kata dia, Senin, (6/6).

Pada tahun ini ada sekitar 1.400 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menjadi kewajiban langsung Kemenhub untuk dilakukan pemeriksaan. Kemudian di sektor penyeberangan dan laut, ada sekitar 1.100 kapal penumpang penyeberangan maupun kapal pelayaran antar pulau.

Di sektor udara, terang dia, terdapat sekitar 516 pesawat udara, di sektor perkeretaapian terdapat 300 lokomotif.

Seluruh armada tersebut akan dilakukan pemeriksaan mulai tanggal 6 Juni sampai dengan 24 Juni 2016. Namun khusus moda laut, pemeriksaan harus sudah selesai dilakukan sebelum 18 Juni 2016 karena operasi Lebaran Angkutan Laut sudah dimulai pada H-18 yakni 18 Juni 2016.

Dalam pemeriksaan tersebut hal yang dilakukan adalah mencatat setiap pemeriksaan yang dilakukan. Memberikan catatan perbaikan terhadap operator angkutan umum untuk ditindaklanjuti segera.

"Pemeriksaan dilakukan hingga 24 Juni 2016 supaya jika ada catatan sewaktu pemeriksaan masih ada waktu untuk melakukan perbaikan kendaraan. Jika tidak selesai dilakukan perbaikan sebelum masa mudik berlangsung maka armadanya dilarang beroperasi," kata dia.

Beberapa lokasi yang akan dilakukan pemeriksaan, kata Hemi, antara lain di terminal-terminal tipe A seperti Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Stasiun KA seperti Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Di pela buhan seperti di pelabuhan Tanjung Priok dan bandara seperti di Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma.

Pemeriksaan tersebut dilakukan demi penyelengaraan angkutan Lebaran yang zero accident, sesuai dengan salah satu fokus kerja Kemenhub yaitu untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi.


SourceDownload Lagu Online


Related Posts To Kemenhub Periksa Angkutan Lebaran Secara Menyeluruh


Kemenhub Periksa Angkutan Lebaran Secara Menyeluruh Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts