Tarik Minat Anak-anak, Perpustakaan Sumbar Terapkan Teknologi Digital


JAKARTA -- Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menerapkan teknologi digital untuk menarik pengunjung ke lokasi taman bacaan.

Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatra Barat, Alwis meyakini, kecanggihan teknologi telah menyentuh anak-anak dan pelajar. Menyikapi hal tersebut, Perpustakaan Sumatra Barat menerapkan sejumlah teknologi untuk menarik kembali minat pelajar berkunjung.

"Teknologi itu memang mempengaruhi. Untuk itu kita juga menerapkan teknologi di perpustakaan untuk menarik minat kunjungan," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (30/4).

Ia menjabarkan, teknologi tersebut yakni, membangun taman digital luar ruang yang menyediakan fasilitas berbasis teknologi, seperti akses internet nirkabel, dan perpustakaan digital.

Alwis berujar, terjadi peningkatan kunjungan pascapenerapan pelayanan berbasis teknologi informatika (TI). Ia membandingkan, sebelum penerapa n TI, pengunjung hanya berkisar 50 sampai 100 orang per hari. Namun, saat ini pengunjung meningkat, menjadi 150 sampai 200 orang per hari.

"Kita memang harus mendorong agar perpustakaan menjadi tempat menyenangkan bagi anak-anak, menjadi lokasi liburan, sehingga mereka tidak lagi tertuju ke mal. Saat ini, dengan adanya penerapan teknologi, sudah terjadi peningkatan kunjungan khususnya hari Sabtu dan Minggu," tutur Alwis.

Menurutnya, peran orang tua juga penting dalam peningkatan kunjungan dari anak-anak dan pelajar. Orang tua, ia melanjutkan, harus bisa mendorong anak-anak agar rajin membaca sejak dini.

"Literasi sejak dini itu penting. Anak-anak harus dipancing untuk suka membaca, bisa dengan mengenalkan anak terhadap gambar, sehingga timbul keingintahuan dan ketertarikan terhadap buku," ujarnya.

Alwis mengingatkan pada para orang tua, gawai mampu menghadirkan beragam tulisan dari internet. Namun, perlu diperhatikan, banya isi dan konten tulisan yang belum t entu sepenuhnya pantas dikonsumsi oleh anak-anak.

Selain itu, menurutnya, orang tua pasti kesulitan dalam mengawasi gawai. Sehingga, baginya, lebih rasional apabila orang tua mengarahkan anak-anak ke perpustakaan sebagai sarana mencari ilmu dan pengetahuan.


SourceDownload Free Music


Related Posts To Tarik Minat Anak-anak, Perpustakaan Sumbar Terapkan Teknologi Digital


Tarik Minat Anak-anak, Perpustakaan Sumbar Terapkan Teknologi Digital Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts