Utusan PBB: Pembicaraan Suriah Belum Batal


JENEWA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menegaskan pembicaraan Suriah di Jenewa, Swiss, belum batal. Utusan PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mengatakan, pembicaraan tersebut akan terus berjalan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga mendukung pembicaraan itu. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby mengatakan pihaknya terus percaya pada proses politik dalam pembicaraan yang penting ini.

Negosiasi pekan ini dimaksudkan untuk fokus pada masa depan politik Suriah. PBB mendorong rencana yang melibatkan otoritas transisi, konstitusi yang baru, dan pemilihan umum.

Tetapi nasib presiden Suriah Bashar al-Assad telah menjadi titik pro kontra. Oposisi Suriah bersikeras Assad harus lengser, namun rezim pemerintah menolak. Saat berbicara di Moskow, Rusia, Lavrov mengatakan, tidak ada yang bisa memenangkan perang dan semua pakar mengakuinya.

"Ada beberapa pemain luar yang bermimpi tentang memecat rezim dengan kekerasan dan mencoba untuk melakukan segala sesuatu, termasuk mengganggu pembicaraan di Jenewa ," katanya seperti dikutip dari laman AFP, Selasa (20/4).

Negosiator yang mewakili rezim Suriah, Selasa menegaskan Assad akan tetap men jabat. Tetapi Damaskus mengaku siap untuk membahas pembentukan pemerintah persatuan baru.

"Pemerintah persatuan yang lebih luas adalah satu-satunya topik diskusi di sini," kata Duta Besar Suriah untuk PBB Bashar al-Jafaari.

Baca juga, Pimpinan Oposisi Suriah Tinggalkan Pembicaraan Jenewa.


Source → Utusan PBB: Pembicaraan Suriah Belum Batal


Related Posts To Utusan PBB: Pembicaraan Suriah Belum Batal


Utusan PBB: Pembicaraan Suriah Belum Batal Rating: 4.5 Posted by: Unknown

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts